(Analisa Politik Tgk. Zulkhairi) “Angin Perubahan” Akhirnya Berhembus Dari Iran

Tgk Zulkhairi

Canindonesia.com -(opini)

Iran sebelumnya adalah negara non Arab yang paling stablil di kawasan Timur Tengah. Hampir tidak ada yang prediksi demonstrasi besar-besaran akan pecah di negera tersebut mengingat kuatnya pengaruh Khamenei dan para mullah bagi rakyat di negara mayoritas Syi’ah tersebut.

brainking

Kabar-kabar yang kita simak sebelumnya menunjukkan Iran seperti sangat ‘power full’ membiaya kebutuhan Militer para milisinya di Suriah, Yaman, Irak dan lain-lain.

Tapi keterlibatan aktif Iran dalam konflik di kawasan rupanya bukan tanpa karma. Pundi-pundi dolar mereka dalam membiayai perang di Suriah, Irak dan Yaman akhirnya tetap akan bermasalah.

Dan masalah itu akhirnya membuat rakyatnya menjerit. Maka di antara seruan dan slogan para demonstran yang memprotes Hasan Rouhani, seperti dilansir kantor berita Anadolu Agency adalah: “Jangan habiskan uang kami di Suriah, Gaza, dan Lebanon”, “Rakyat miskin seperti pengemis”.

Slogan yang lain juga termasuk: “Tinggalkan Suriah dan lihatlah kondisi kami”, “Bukan Gaza, atau Lebanon, hidupku untuk Iran”, “Hezbollah terkutuk”, “Kami tidak ingin republik Islam”, “Republik Iran yang merdeka dan bebas”, dan “Rakyat mulai mengemis”.

Slogan-slogan demonstran itu sepertinya secara jelas ditujukan kepada rezim Iran yang terlibat aktif dalam perang di kawasan. Bahwa rakyat Iran ingin campur tangan Iran di kawasan agar di akhiri. Itu pesan yang sangat jelas.

Tangisan muslim Irak, Suriah dan Yaman memang sudah saatnya di akhiri. Kita berharap sudah cukup petualangan Iran di kawasan. Irak, Suriah dan Yaman adalah negeri Sunni yang tidak akan bisa dimanipulasi sejarahnya oleh Iran, meskipun dirubahnya demografi negara-negara tsb secara militeristik.

Oleh sebab itu, seruan demonstran Iran agar rezim keluar dari konflik kawasan merupakan “hembusan angin perubahan”. Kita do’akan memberi pengaruh bagi kebijakan Iran di kawasan agar berhenti melakukan intervensinya, sembari pada saat yang sama kita juga berharap rezim Suud di Saudi Arabia juga berhenti berdiri bersama Israel. Karena setiap kejahatan pasti akan menemui pembalasan. Wallahu a’lam

En Harais Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *