Nasib Jokowi Di Pilpres Ditentukan Megawati

Jokowi (photo: Kompas)

canindonesia.com (Jakarta)  Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan nasib Jokowi sebagai calon presiden pada pemilu/pilpres 2019 akan dibicarakan di rakernas PDIP Februari yang akan datang. Megawati mendapat mandat untuk menentukan siapa calon presiden dari PDIP. “Rakernas juga akan membahas aspek strategis terkait dengan Pileg dan Pilpres yang berjalan serentak. Itu menyangkut strategi pencalegan dan bagaimana pemenangannya,” kata Hasto di kantor DPP PDI P, Jakarta, Selasa 9 Januari 2017.

Rapat Kerja Nasional III PDI Perjuangan segera dilaksanakan pada Februari 2018 mendatang di Bali. Perhelatan itu juga akan membahasa dan mematangkan sejumlah isu penting yakni Pilkada Serentak berikut Pemilihan Legislatif dan Presiden.

brainking

Hasto juga menyatakan ada nya wacana mengusung kembali Jokowi pada pilpres yang akan datang akan masuk dalam pertimbangan partainya.

Namun keputusan itu tetap mengacu pada keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang menurut hasil Kongres sebelumnya telah diberikan mandat memilih calon presiden.

Hasto menanmbahkan, kemungkinan besar mengusung Jokowi masih tetap menjadi opsi utama mengingat prestasinya sejalan dengan visi partai di bidang infrastruktur dan pembangunan manusia.

“Partai sejak semula punya keyakinan Bapak Jokowi menjalankan hal-hal yang menjadi kepentingan strategis dari platform dan ideologi PDI Perjuangan itu sendiri,” ujarnya.

Meski begitu, dinamika politik masih akan menentukan proses ini. Pasalnya PDIP kalah telak di pilkada DKI. Ini membuat trauma bagi PDIP khususnya untuk pilkada Jawa Barat dan Sumatera Utara.

 

 

En Harais Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *