Loncat Pagar ke PA, Kader PKS Sabang Belum Sampaikan Surat Pengunduran Diri

Afrizal, anggota Dewan PKS yang Loncat Pagar saat pendaftaran sebagai caleg Partai Aceh di KIP Kota Sabang. 

CANINDONESIA.COM –

Seorang anggota legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS)  kota Sabang loncat pagar mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif dari Partai Aceh (PA). Partai Aceh adalah salah satu partai lokal yang ada di Aceh. Namun keberadaan oknum caleg ini dalam proses loncat pagar tidak melalui proses pengunduran diri sebagaimana disyaratkan oleh peraturan perundang-Undagan.

Adalah Afrizal Bakri,  S. Hi,  anggota legislatif sekalipus wakil ketua DPRK kota Sabang terungkap mendaftar sebagai calon anggota legislatif dari Partai Aceh. Pada saat pendaftaran itu, Afrizal terlihat menggunakan seragam partai lokal tersebut dan ikut melengkapi berkas pendaftaran.

Ketua Dpd PKS kota Sabang, Zuanda, menjelaskan bahwa sehari sebelum berakhirnya masa pemberkasan, pihaknya sudah menyurati Komisi Independen Pemilu (KIP) kota Sabang untuk mengingatkan jika ada anggota legislatif dari PKS yang mendaftar pindah partai untuk membuat surat pengunduran diri sebagai syarat pencalonan sebagaimana diatur dalam PKPU no 20 tahun 2018 pasal 7 ayat 1.

“Kami juga mengirimkan surat lain yang ditujukan kepada yang bersangkutan langsung maupun kepada KIP sebagai penyelenggara pemilu. ”

Zuanda juga menyebutkan bahwa pada tanggal 31 juli yang lalu adalah batas terakhir perbaikan berkas calon, namun hingga batas waktu itu Dpd PKS Kota Sabang belum menerima surat pengunduran diri dari saudara Afrizal B, S.Hi” kata zuanda lagi.
“Ini membingungkan kami, sehingga pada tanggal dua Agustus kemarin kami kembali melayangkan surat mohon klarifikasi dari KIP Sabang terkait hal di atas. Namun kami belum menerima jawaban dari KIP Sabang”.

PKS kota Sabang berharap kepada KIP Sabang perihal tersebut di atas demi terwujudnya keterbukaan informasi untuk Pemilu yang adil dan jujur. ***

En Harais Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *